Skip to main content

Kuliner paling sering dicari di Banyuwangi

Makanan Banyuwangi yang Paling di cari Indonesia   dikenal sebagai negara yang memiliki banyak rempah-rempah sehingga tak heran bahwa pada zaman dahulu banyak negara lain yang menjajah negara kita untuk mengambil rempah-rempahnya. Maka dari itu banyak sekali makanan Indonesia yang mendunia seperti rendang dan nasi goreng yang mendapat peringkat 1 dan 2 untuk masakan paling enak di seluruh dunia. Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki berbagai cita rasa tersendiri pada setiap makanannya, seperti Banyuwangi yang memiliki berbagai makanan khasnya. 1.Rujak Soto                                                                                                                                                                                                                    Rujak Soto merupakan makanan yang paling populer di Banyuwangi, yang dimana makanan ini adalah percampuran dari soto dan lontong rujak yang dipaduikan menjadi satu. Seh

Kuliner paling sering dicari di Banyuwangi

Makanan Banyuwangi yang Paling di cari

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki banyak rempah-rempah sehingga tak heran bahwa pada zaman dahulu banyak negara lain yang menjajah negara kita untuk mengambil rempah-rempahnya. Maka dari itu banyak sekali makanan Indonesia yang mendunia seperti rendang dan nasi goreng yang mendapat peringkat 1 dan 2 untuk masakan paling enak di seluruh dunia. Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki berbagai cita rasa tersendiri pada setiap makanannya, seperti Banyuwangi yang memiliki berbagai makanan khasnya.

1.Rujak Soto                                                                     

                                                                                                                                           Rujak Soto merupakan makanan yang paling populer di Banyuwangi, yang dimana makanan ini adalah percampuran dari soto dan lontong rujak yang dipaduikan menjadi satu. Sehingga menciptakan rasa percampuran rujak dan soto yang jadi satu dalam mulut. Bukan hanya itu dilengkapi dengan toping bawang goreng dan daun seledri inilah yang dapat menambah cita rasa sedap. Hmmm pasti enak kalian udah cobain belum.

         

          Nah ada salah satu warung rujak soto yang paling terkenal di Banyuwangi nih, warung rujak soto Mbok Mbret ini hanya khusus menyediakan rujak soto saja. Warung ini telah memimiliki banyak pelanggan yang banyak, jadi kalau beli rujak soto disini harap bersabar ya karena banyak sekali pembelinya. Rujak Soto Mbok Mbret inj terletak di Dusun Kepatihan, Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68482. Jam buka warung ini sekitar jam 10.00-16.00 WIB.

 

2. Sego Tempong


            Nah sego tempong ini cocok bangaet buat orang pecinta pedas, karena cita rasa sambal pada sego tempong ini sendiri sangat lah pedas. Biasanya sego tempong ini disajikan dengan sayur yang telah direbus seperti bayam, kenikir, dan daun kemangi. Sedangkan untuk lauknya masyarakat Banyuwangi biasanya menggunakan ikan asin, tahu, tempe, ayam, atau ikan laut.

            Sego tempong ini memiliki makna yang dimana “sego” itu adalah nasi dan “tempong “ adalah kata dalam Bahasa Osing yang berarti tampar dalam Bahasa Indonesia. Dinamai seperti ini karena rasa pedas dalam sambal sego tempong ini memiliki rasa yang pedas, sehingga memberikan sensasi seperti di tampar.

            Warung sego tempong yang paling terkenal di Banyuwangi yaitu Sego Tempong Mbok Wah yang belamatkan di Jl. Gembrung No.220, Lingkungan Watu Ulo R, Bakungan, Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68431. Buka mulai jam 08.00-23.00 WIB.

 

3. Pindang Koyong


Pindang koyong adalah satu olahan rumahan masyarakat Banyuwangi. Masakan ini sangat digemari karena perpaduan ikan laut dan bumbu-bumbu yang segar, menjadikan pindang koyong sering kali dijadikan santap siang oleh masyarakat. Pengolahan masakan ini banyak digunakan bumbu-bumbu yang membuat ikan tidak berbau amis dan dapat menjadikan kuahnya segar seperti belimbing wuluh, jeruk nipis, dan berbagai bumbu lainnya.

Karena Banyuwangi adalah sebuah Kabupaten yang paling Timur di Pulau Jawa, sehingga banyak terdapat berbagai olahan yang berbahankan ikan. Mulai dari ikan pindang koyong, ikan bakar, ikan goreng, dan rujak kelang yang semuannya berbahankan ikan. Jika kalian ingin mengincipi makanan ini kalian bisa langsung datang ke Warung Biru yang menyediakan berbagai olahan ikan khas Banyuwangi, yang terletak di jalan Kapten Piere Tendean, Karangrejo, Kec. Banyuwangi, Karangrejo, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68411. Buka mulai dari jam 08.00-23.00 WIB.

 

4. Rujak Kelang

      

            Rujak kelang Banyuwangi ini merupakan salah satu makanan khas daerah Muncar, Banyuwangi. Daerah ini merupakan salah satu daerah penghasil ikan yang lumayan banyak. Rujak kelang sendiri terkesan seperti biasa saja, namun rujak ini memiliki ciri khas tersendiri yang pada bumbunya ditambahkan air rebusan ikan pindang, sehingga rujak ini memiliki rasa campuran ikan. Rujak ini biasanya disajikan dengan kutil atau seperti cireng yang disajikan bersamaan dengan rujak ini.

            Biasanya jika kalian ingin membeli makanan ini, biassanya dijual di daerah Kecamatan Muncar, Banyuwangi. Rujak kelang yang paling terkenal di daerah ini adalah Warung Rujak Kelang Bibeh yang ada di Kecamatan muncar.

 

5. Sego Cawuk

                                                   



           Sego cawuk ini berbeda dengan sego tempong, walau sekilas terlihat sama. Namun makanan ini terdiri dari nasi yang dicampur kuah parutan kelapa dan serutan jagung muda bakar, dan kuah ikan pindang. Lauk pendampingnya ada pepes ikan laut, telur pindang, tahu cacah, dan semanggi sambal serai. Biasanya makanan ini sering kali diadakan festival sego cawuk yang diadakan oleh Bupati Banyuwangi.

          Biasanya Festival sego cawuk ini dapat diikuti oleh seluruh masyarakat ataupun wisatawan yang datang ke Banyuwangi. Ada berbagai acara yang diadakan pada festival ini seperti pementasan tari sego cawuk, lomba memasak sego cawuk, dan masih banyak lagi kegiatan yang dilakukan saat festival ini berlangsung.

Comments